Mars sebesar Bulan

2
21.41
Apalagi ini? Mars sebesar bulan? Kapan? Beneran terjadi? Seolah-olah bulan ada 2 dong.



Info dr sesama Pada 27 Agustus 2014 akan ada dua bulan. Seluruh dunia sedang menunggu untuk itu. Pada hari ini Mars akan sangat cerah dan seperti bulan semua orang bisa melihatnya dengan mata telanjang. Hari ini akan menjadi 34,65 juta Mil (55,7 juta km) jauhnya dari bumi.Pada hari ini jangan lupa untuk melihat ini jam 12.30 malam. (28/8, 00:30) Karena Anda akan melihat dua bulan di langit. Acara ini akan terjadi lagi pada tahun 2287.Silakan berbagi ini dengan semua. Karena orang-orang yang hidup sekarang tidak bisa melihatnya kedua kalinya pada tahun 2287.
Itu beneran? Atau jangan-jangan ada yang dapet pesan itu? Pesan ini sebenarnya sudah ada sejak tahun 2003, dan kalimatnya sedikit berubah dari pesan awal, tapi intinya tetap sama.

Berita yang cukup menarik kan? Ingin membuktikan?

Pada tahun 2003, tepatnya tanggal 27 Agustus 2003 alias 27 Agustus 11 tahun yang lalu! Ingat ya, sebelas tahun lalu bukan sekarang! Saat itu Mars sedang berada pada posisi terdekatnya dengan Bumi pada jarak 55.758.006 km (55,7 juta km!), dan oposisi terjadi tgl 28 Agustus 2003. Berita tentang kejadian menarik ini pun menyebar dan masyarakat pun berbondong-bondong datang ke Observatorium Bosscha, Planetarium Jakarta, dan ITB untuk ikut mengamati fenomena tersebut, karena memperoleh berita yang salah bahwa Mars akan tampak sebesar Bulan dengan mata tanpa alat.

Tapi sayangnya cerita Mars hijrah itu cuma mimpi dan angan-angan para pencari sensasi. Jarak minimum Mars dengan Bumi yang bisa dicapai Mars adalah 54,6 juta km. Bahkan di tahun 2003 pun jarak terdekatnya hanya 55,7 juta km masih lebih jauh dari jarak minimum. Dan pada saat berada di jarak terdekatnya Mars hanya tampak seperti titik merah di langit malam. Jauh lebih kecil dari Bulan.

Tahun 2014?

Berita yang beredar menyebutkan Mars akan tampak sebesar Bulan pada tanggal 27 Agustus dan akan mencapai jarak terdekat 34,6 juta mil atau 55,7 juta km pada jam 00.30 tgl 28 dini hari. Kita tahu bahwa Mars sudah mencapai jarak terdekat tahun ini tgl 14 April 2014 dengan jarak 92 juta km.

Yang pasti malam itu tidak ada Mars maupun Bulan di langit malam pada jam tersebut karena keduanya sudah terbenam. Dan Mars tidak akan pernah sebesar Bulan jika dilihat dengan mata telanjang, kecuali kalian bisa menemukan cara untuk memindahkan Mars ke dekat Bumi. Kalau ada Superman yang bisa memindahkan Mars lebih dekat ke Bumi, ya mungkin kita bisa melihat Mars sebesar Bulan. Tapi itupun tidak akan terlihat berdampingan tanggal 27 Agustus 2014 malam karena Mars dan Bulan sudah terbenam dan Bulan juga tidak sedang dalam fase purnama. Kalaupun ada yang bisa memindahkan Mars demi impian melihat Mars sebesar Bulan, maka itu hanya mencelakakan Bumi karena gaya ganggu akibat interaksi gravitasi kedua planet saat berpapasan terlalu dekat akan sangat besar pengaruhnya pada Bumi maupun Mars.


Lagi-lagi kita harus meneliti terlebih dahulu sebelum mempercayai atau meyakini sebuah berita.   
Stay critical ;)

Sumber : http://langitselatan.com/2014/08/27/mars-tidak-akan-tampak-sebesar-bulan/

About the author

Seorang murid SMA yang ingin berbagi informasi tentang alam semesta

2 komentar:

  1. Emang bener? Menurut ane kalaupun bener itu cuma ilusi optika mata manusia belaka

    BalasHapus