Fakta Bulan

3
22.45
Bulan yang sudah pernah diinjak permukaannya oleh bumi, meninggalkan pertanyaan-pertanyaan yang masih belum terpecahkan. Berikut adalah fakta bulan yang belum terpecahkan

1. Umur bulan
Ada yang mengatakan umur bulan lebih muda dari yang diperkirakan, ada juga yang mengatakan lebih tua. Ini masih menjadi misteri tentang umur bulan yang sebenarnya.

2. Asal batuan
Komposisi kimia dari debu yang ada di bawah batuan, sangat berbeda dari batuan itu sendiri. Ini bertentangan dengan teori-teori sebelumnya yang menyebutkan bahwa debu itu dihasilkan dari pelapukan dan pecahnya batuan itu sendiri. Berarti, batu-batu itu datang dari tempat lain.


3. Materi yang lebih berat berada di permukaan
4. Uap air
5. Batuan magnet
6. Tidak ada gunung berapi
7. Mascon pada bulan
8. Aktifitas seismik
9. Bulan berongga
10. Gema bulan
11. Logam aneh
12. Asal bulan
13. Orbit aneh
Bulan kita adalah satu-satunya satelit di tata surya yang memiliki orbit tetap, serta berbentuk melingkar hampir sempurna. Lebih aneh lagi, pusat massa Bulan adalah sekitar 6000 meter lebih dekat ke Bumi daripada pusat geometris (yang harusnya menyebabkan orbit bergelombang), tapi tonjolan bulan berada pada sisi jauh dari bulan, yang mana jauh dari Bumi. Sesuatu telah memungkinkan bulan mengorbit dengan ketinggian dan kecepatannya yang presisi.

14. Diameter bulan
15. Bulan merupakan pesawat antariksa

 Lebih lengkap baca di http://erabaru.net/sains/astronomi/7136-fakta-tentang-bulan-yang-masih-menjadi-misteri

About the author

Seorang murid SMA yang ingin berbagi informasi tentang alam semesta

3 komentar: