COSMOS? II

3
08.38
Di post sebelumnya, ada video tentang cosmos versi baru. Berarti ada dong yang versi lama? Iya ada, ini dia Cosmos era Sagan



Cosmos diproduksi lebih dari 30 tahun yang lalu. Sekarang, dengan kemajuan teknologi, internet, dan desain membuat dunia video dokumenter membuat produk yg berlimpah dengan kualitas tinggi. Cosmos yang dulu jadi tonggak video popularisasi Sains, sekarang kelihatan kuno, pelan, dan menua. Tidak bisa dipungkiri di era Computer generated graphics, musik dolby surround dan teknologi editing yang cepat, banyak generasi sekarang yang sulit tertarik untuk nonton Cosmos era Sagan

Untungnya, 2-3 tahun lalu, Ann Druyan, istri dari Carl Sagan dan MacFarlane, produser American Dad dan film  Ted, memulai projek Rebooting Cosmos. Dan siapa yg dipilih jadi hostnya? Siapa lagi kalau bukan anak ideologi dari Sagan. Saintis Astrofisika Neil de Grasse Tyson.

Okay... Siapa Tyson? Apa hubungannya dengan Mike Tyson?

Grasse Tyson selain jago di bidang Astrofisika, juga punya pengalaman unik dengan Carl Sagan. Waktu kecil, dia pernah mengirim surat ke Carl Sagan untuk datang ke kampus tempat Sagan mengajar. Kejutannya, Sagan menyanggupi dan akhirnya pada hari Sabtu, Tyson kecil diajak tour keliling kampus dan ngobrol banyak dengan Saintis yang ia lihat di TV.

Belakangan dia tahu kalau Sagan menulis janji ketemu dengan dia di agendanya. Tyson yang dulu masih anak SMA ketemu dengan saintis besar? Dan Sagan sengaja mengkosongkan harinya? Bahkan di akhir pertemuan, Sagan memberi Tyson buku yang tertulis:
"To Neil Tyson, future astronomer"

About the author

Seorang murid SMA yang ingin berbagi informasi tentang alam semesta

3 komentar: